Welcome To My Blog...

Sabtu, 02 Desember 2017

0 Tips Sebelum Install Ulang PC

http://oraclecharterschool.org/wp-content/uploads/2015/03/operating-system-logos.jpg 
Kali ini saya akan membagikan sedikit tips apa saja yg di perluka nsebelum install ulang, sebagian dari kalian pasti pernah merasa komputer lambat atau bisa juga karena virus sehingga keinginan men-install ulang PC anda

Berikut adalah hal - hal yang harus di perhatikan sebelum install ulang:
  1. Data
    Pastikan data - data penting yang terdapat pada Partisi C: (biasanya di gunakan untuk System) di pindahkan ke partisi lainnya, jika hanya memiliki 1 partisi saja yaitu C:, sebaiknya segara buat partisi baru sehingga memudahkan penyimpanan data agar pada saat penginstallan, data anda tidak ikut terhapus pada saat menghapus System.
  2. 32bit & 64bit
    Kalian pasti tau pada System Operasi Windows pasti kalian pernah mendengar Win 32bit / 64bit, sebelum menentukan basis windows yg mana yang akan kalian install pada PC kalian, ada beberapa hal - hal yang harus di perhatikan sebagai berikut:

    • RAM
      Sebelum anda menginstall ulang anda harus mencheck dulu RAM anda berapa GB. Kenapa? dikarenakan System Operasi yang kita tau Windows memiliki dua basis sistem yang berbeda yaitu: 32bit dan 64bit. di karenakan system 32it tidak bisa mengunnakan ram lebih dari 4GB sedangkang 64bit dapat menggunakan ram lebih dari 4GB
    • Performa 32 bit dan 64 bit
      Perbedaan basis sistem Windows 32 dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan prosesornya. Tentu saja jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, memiliki kemampuan berada di bawah 64 bit. Sehingga kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan Windows dan prosesor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.
    • Kompitabilitas Software
      Perbedaan yang cukup berpengaruh juga adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit. Sedangkan Windows 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32 maupun 64 bit.
    • Kemampuan Proses Data
      Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows, dan prosesor 64 bit lebih cepat dan maksimal.
  3. Driver
    Pengertian driver komputer menurut Edy Winarno “adalah sekumpulan perangkat lunak untuk memperkenalkan perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak ini sistem mampu untuk menggunakan perangkat keras dengan baik”. Sederhananya Driver komputer adalah perangkat lunak yang membantu sistem mengenali hardware yang laptop atau komputer gunakan.
    Apa yang terjadi jika driver tidak terinstall pd PC ? Contohnya kita ingin memutar file mp3 dikarenakan driver belum terinstall sehingga perangkat audio tidak terbaca oleh windows, maka windows menganggap laptop tersebut tidak mempunyai perangkat audio, sehingga laptop tidak mengeluarkan suara dan tentunya file mp3 tidak bisa diputar.

    Sebuah komputer tersusun atas banyak hardware. Namun kita tidak perlu untuk menginstall drivernya  semua satu-persatu. Karena sebagian besarnya sudah bisa dihandle oleh driver bawaan yang ada pada sistem operasi.
    Namun secara umum setelah melakukan install ulang, berikut adalah beberapa drivernya yg  harus terinstall :
    • VGA
    • LAN / Wifi
    • Chipset
    • Audio
    • Touchpad (Laptop)
    • Bluetooth (Jika Ada)

    Cara mendapaatkan Driver
    Untuk mendapatkan driver komputer yang sesuai dengan spesifikasi komputer, setidaknya ada tiga cara yang saya rekomendasikan yaitu :

    • Menggunakan CD
      Menggunakan driver yang berasal dari cd driver bawaan adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel.
      Hal ini disebabkan cd driver tersebut telah sesuai dengan hardware yang digunakan oleh sebuah perangkat komputer.
    • Dowload dari situs resmi
      Perusahaan produsen perangkat keras komputer selalu dan wajib memiliki halaman khusus untuk medapatkan driver untuk produk-produk mereka.
      Ketika microsoft mengeluarkan sistem operasi terbaru, maka merekapun berkewajiban merilis driver yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru untuk perangkat yang memang mendukung.
      Cara ini agak sedikit ribet dan membutuhkan biaya karena namanya juga download, maka anda harus terkoneksi dengan internet.
    • Menggunakan Tool pendeteksi Driver

      1. Driver Pack Solution
        Program pendeteksi driver komputer terbaik saat ini adalah Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP.
        Program pendeteksi driver seperti driver pack solution sudah terjamin keamanannya karena telah mendapat sertifikasi dari produsen antivirus terbaik saat ini Kaspersky Lab.
        Sertifikat Aman dari Kaspersky Lab.
        Namun dari sekian kelebihan yang dimiliki oleh program pendeteksi driver ini,ada beberapa kekurangan yang wajib saya sampaikan kepada anda sebelum anda seperti :
        1. Sizenya terlalu besar, dapat mencapai 10GB
        2. Program ini tidak dapat berjalan pada sistem operasi selain daripada sistem operasi windows.
        3.  Kebanyakan aplikasi tambahan yang ada pada program ini menggunakan bahasa rusia, karena aplikasi ini juga dibikinnya oleh orang rusia.

         Download Driver Pack Solution

      2. IObit Driver Booster
        Driver Booster adalah software update driver otomatis yang bisa didownload secara gratis. Software ini bisa membantu kamu untuk:

        • Mendeteksi driver yang perlu diupdate
        • Mendeteksi driver yang perlu diupdate
        • Tweaking driver untuk performa gaming yang maksimal 

        IObit Driver Booster ini hanya untuk mengupdate Driver di PC kalian yang sudah lawas sehingga dapat menambah kinerja peforma komputer kalian.

        Download IObit Driver Booster: Website || Via Steam

  4. Software Pendukung
    seperti kita tau setelah Install Ulang PC akan kembali seperti baru kosong tidak ada apa, hanya tersisa Data harddisk pd partisi yang kita simpan data, setelah install ulang ada beberapa software atau aplikasi yang wajib kita install sesuai kebutuhan dan untuk membantu pekerjaan kita.
    Berikut adalah contoh Software yang harus di install:

    • Browser
      seperti kita ketahuin pada saat install ulang kita mendapat browser bawaan yaitu itu Internet Explorer/ Microsoft Edge (Win 10) yang sangat amat lama, sehingga kita memutuskan untuk mendowload ulang menggunakan IE yang lama, sebaiknya sebelum INUL simpan installer browser pada flashdisk/partisi sehingga langsung dapat di install tanpa harus mendowload ulang.
      List Browser:
      1. Mozilla Firefox
      2. Google Chrome
      3. Opera
      4. UC Browser (Not Recommended)
      5. Baidu Browser (Not Recommended)
      6. Safari (Macintost)
    • Adobe Flash Player
      sebagai plugin pada browser sehingga dapat memutar video,main game,dll pada browser
    • Microsoft Office (Windows)
      ini adalah paling penting, ketika kita membuat tugas atau kerjaan aplikasi ini sangat di perlukan, tetapi dengan size yang cukup besar sekitar 1,2 GB sebaiknya anda menyimpan installer agar lebih mudah dan tidak mendowload ulang lagi
    • Codec
      Codec adalah sebuah perangkat yang mampu melakukan encoding dan decoding sebuah signal digital. Istilah ini juga bisa disebut Compressor-Decompressor atau Coder-Decoder. Ada 3 jenis utama codec dengan fungsi masing-masing. Ketiga codec tersebut adalah Audio codec, Video codec dan Data Codec.
      1. Audio Codec
        ebuah Audio codec digunakan untuk compress atau decompress file audio digital yang berfungsi sebagai media untuk dimainkan pada pemutar musik seperti windows media player, real player, dsb. Kebutuhan codec ini akan timbul saat player kita tidak dapat memainkan sebuah file audio yang memerlukan codec tertentu untuk memainkannya. Windows Media Player 11 mampu memainkan hampir seluruh type file audio dan juga telah mendukung jenis audio codec yang lain. Beberapa jenis audio codec antara lain adalah Apple Lossless, MPEG-4 ALS, Direct Stream Transfer DST, FLAC, LA Lossless Audio, Monkey's Audio APE, RealAudio Lossless, Windows Media Audio 9 Lossless, dsb.
      2. Video Codec
        Video codecs memiliki fungsi yang sama dengan audio codec, perbedaannya hanya codec ini berfungsi untuk file video. Karena perkembangan teknologi, kini data dapat disimpan dalam format digital, dibandingkan dengan teknologi terdahulu saat data hanya dapat disimpan pada pita, sebagai signal analog. Dengan adanya video codec sekarang kita dapat menonton file video dalam berbagai format berbeda.
      3. Data Codec
        Data codec digunakan untuk meng-compression/decompression data. Quick time player secara otomatis akan melakukan compresses/decompresses terhadap track audio dan video dengan bantuan video dan audio codec namun tidak mampu untuk compress / decompress data. Oleh karena itu, fungsi utama dari data code adalah untuk compress / decompress data, berbagai bentuk blok dan model 3D.
      Jadi dalam pengertian sederhana codec adalah sesuatu yang membantu media player untuk melakukan encode dan decode signal digital atau data stream.
       
    • Video / Photo Editing
      Banyak aplikasi Video / Photo Editing seperti:
      1. Adobe Primier Pro (Video)
      2. Adobe After Effect (Video)
      3. Adobe Photoshop (Photo)
      4. Photoscape (Photo)
      5. Camtasia (Video Editing & Screen Recorder)
      6. Plotagraph (Photo)
      7. Paint (Bawaan Windows)

      Dan perlu diingat apliasi seperti di atas size nya pasti tidak akan kecil sehingga lebih efisein anda menyimpan installernya sehingga tidak perlu mendowload ulang

    • Antivirus
      ini adalah software yang wajib kita miliki walaupun sebenanrnya Windows menyediakan antivirus sendiri.
      Berikut list Antivirus:
      1. Malwarebytes (Download)
      2. AVG                (Download)
      3. ESET              (Download)
      4. Smadav           (Download)
      5. Kapersky Lab (Download)
      6. Avira               (Download)
      7. Avast               (Download)
      8. Norton             (Download)
      9. McAfee           (Download)
      10. BitDefender    (Download)

      kenapa saya bilang ini wajib kita miliki? dikarenakan sekarang teknologi makin canggih sehingga marah terjadi pencurian data, pencurian identitas, virus yang mengunci HDD sehingga mereka meminta bayaran untuk membuka HDD, Scam, dll. untuk menghindari itu semua kita gunakan Antivirus sebagai pendeteksi virus 

     Sekian dari saya mungkin kalau ada yang kurang bisa di tambah di kolom komentar, sekian tips n tricknya semoga bermanfaat.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

 
Hell Yeah Pointer 2