Welcome To My Blog...

Selasa, 10 Oktober 2017

0 Penduduk, Kemiskinan dan Teknologi

Satria Mahardika Firjatullah

55417541

Dosen : EMILIANSHAH BANOWO, S.SOS.,MM







Prorgam Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknologi Industri

Universitas Gunadarma
 

Kata Pengantar

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena  berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas yang berjudul Penduduk, Kemiskinan dan Teknologi.
     Dalam penyusunan tugas ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa penulis tidak luput dari kesalahan baik dari segi teknik penulisan maupun tata bahasa.Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan tugas ini meskipun tersusun sangat sederhana.       
       Untuk itu pertama-tama penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Yang Maha Kuasa, karna tanpa pertolongan dari-Nya sang penulis tidak bisa apa-apa. Juga kepada EMILIANSHAH BANOWO, S.SOS.,MM selaku dosen pengajar yang telah membimbing. Semoga ilmu yang telah kami dapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia juga dapat menjadi pengantar keselamatan di akhirat. Aamiin.
        Dengan demikian semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya serta dapat meningkatkan wawasan dalam pengertian Teknologi dan Kemiskinan. Saran serta kritik sangatlah berguna untuk membangun dan menyempurnakan makalah ini. Terima Kasih.

BAB I

Pendahuluan



A. Latar Belakang

      Kemiskinan di dalam masyarkat biasanya juga berkaitan dengan perkembangan teknologi. Saat ini teknologi di Indonesia sudah berkembang sangat pesat sehingga masih ada beberapa kategori masyarakat yang belum dapat mengikuti teknologi yang ada. 

      Dengan memaksakan untuk mengikuti teknologi yang ada orang - orang berlomba-lomba untuk meng-"update" gadget yang terbaru. Dan untuk orang - orang yang tidak mampu mereka tidak / susah untuk mengikuti teknologi yang ada


B. Rumusan Masalah


  1. Apa yang di maksud dengan Kemiskinan dan Teknologi ?
  2. Bagaimanakah cara mengatasi Masyarakat agar tidak Miskin?
  3. Bagiamanakah cara mengatasi kepadatan Penduduk?
  4. Kasus - kasus Teknologi


C. Tujuan Penulisan

  1. Untuk mengetahui apa itu Teknologi dan Kemiskinan.
  2. Untuk mengetahui hubungan antara Teknologi dan Kemiskinan.
  3. Untuk mengetahui cara mengatasi Masyarakat agar tidak miskin.
  4. Untuk mengetahui dan menjawab kasus antara Teknologi dan Kemiskinan.


BAB II

Pembahasan

 Penduduk

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiYalCv1PdGxHcXWWZfPFy-y67x0s8PbuyyqXuPY45QtQzm1ZvbzRquzD4tE3omrgx-KTJmZGu1xcW1VAuh_s0H69oAnlnUyFFBFmutqvk1mlGKX5ya_NsuJsbXBRayFCizoorx0T6UbQ/s1600/pengertian+penduduk.png
      Penduduk ialah sekelompok orang yang tinggal ataupun menetap dalam suatu wilayah ataupun daerah negara. Ada pula yang dikenal dengan bukan penduduk, yakni mereka yang tinggal dalam suatu negara namun tidak mau tinggal di negara itu.

     Dalam pengertian sederhananya, penduduk ialah kelompok orang yang menempati sebuah wilayah tertentu. Ada beberapa hal yang berhubungan mengapa sekelompok orang tersebut tinggal disuatu negara itu, bisa saja karena ada faktor kemanan, faktor pekerjaan serta masih banyak lainnya.

     Kesimpulannya, pengertian penduduk ialah sekelompok orang yang tinggal di negara ataupun wilayah tertentu. Di negara Indonesia, pasal yang khusus mengatur tentang masalah kependudukan diatur dalam pasal 26 UUD 1945.

     Masalah kependudukan yang dimaksud disini adalah pertambahan jumlah penduduk yang sangat tinggi. Pertumbuhan ini akan menimbulkan masalah dan hambatan bagi upaya-upaya pembangunan yang dilakukan karena pertumbuhan penduduk yang tinggi tersebut menyebabkan cepatnya pertambahan jumlah tenaga kerja , sedangkan kemampuan dalam menciptakan kesempatan kerja baru sangat terbatas. Hal ini menyebabkan masalah pengangguran semakin serius.

Cara Mengatasi Pertumbuhan Penduduk
  1. Program Keluarga Berencana
  2. Menggalakkan program transmigrasi dengan menyediakan fasilitas bagi transmigran, seperti tempat tinggal, penyediaan lahan dan mempermudah proses pelaksanaan transmigrasi.
  3. Mempermudah pelayanan kepada penduduk yang akan bertransmigrasi.
  4. Untuk mengatasi kepadatan penduduk terutama di kota-kota besar pemerintah melaksanakan pembangunan dengan membuka lapangan kerja di daerah pedesaan.
  5. Menunda Pernikahan Dini
  6. Meratakan Pertumbuhan Penduduk

Kemiskinan

http://www.dailymoslem.com/wp-content/uploads/Tingkat-Kemiskinan-Indonesia-Meningkat-Rakyat-Miskin-Bertambah-860-Ribu-Orang.jpg
      Menurut para ahli (antara lain Andre Bayo Ala, 1981), kemiskinan itu bersifat multi dimensional. Artinya, karena kebutuhan manusia itu bermacam-macam, maka kemiskinan pun memiliki banyak aspek. Dilihat dari kebijakan umum, maka kemiskinan meliputi aspek primer yang berupa miskin akan aset, organisasi sosial politik dan pengetahuan serta keterampilan dan aspek sekunder yang berupa miskin akan jaringan sosial, sumber keuangan dan informasi. Dimensi-dimensi kemiskinan tersebut termanifestasikandalam bentuk kekurangan gizi, air, perumahan yang sehat, perawatan kesehatan yang kurang baik dan tingkat pendidikan yang rendah.
Selain itu, dimensi-dimensi kemiskinan saling berkaitan, baik secara langsung mapun tidak langsung. Hal ini berarti bahwa kemajuan dan atau kemunduran pada salah satu aspek dapat mempengaruhi kemajuan atau kemuduran pada aspek lainnya.

Penyebab Kemiskinan
Kemiskinan dapat diamati sebagai kondisi anggota masyarakat yang tidak/belum ikut serta dalam proses perubahan karena tidak mempunyai kemampuan, baik kemampuan dalam pemilikan faktor produksi maupun kualitas faktor produksi yang memadai sehingga tidak mendapatkan manfaat dari hasil proses pembangunan. Dengan kata lain, masalah kemiskinan ini bisa selain ditumbulkan oleh hal yang sifatnya alamiah/kultural juga disebabkan oleh miskinya strategi dan kebijakan pembangunan yang ada, sehingga para pakart pemikir tentang kemiskinan kebanyakan melihat kemiskinan sebagai masalah struktural yaitu kemiskinan yang diderita oleh suatu golongan masyarakat karena struktur sosial masyarakat tersebut tidak dapat ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.

Ada 2 macam ukuran kemiskinan yang umum digunakan yaitu :
  1. Kemiskinan Absolut
    Adalah kemiskinan yang diukur dengan membandingkan tingkat pendapatan orang dengan tingkat pendapatan yang dibutuhkan untuk memperoleh kebutuhan dasarnya. Konsep ini dimaksud untuk menetukan tingkat pendapatan minimum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisik terhadap makanan, pakaian dan perumahan untuk menjamin kelangsungan hidup.
    Kesulitan utama dalam konsep kemiskinan absolut adalah menetukan komposisi dan tingkat kebutuhan minimum karena kedua hal tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh adat kebiasaan saja, tetapi juga oleh iklim, tingkat kemajuan suatu negara dan bernbagai faktor ekonomi lainnya.
    United Research Institute for Social Development (URISD) menggolongkan kebutuhan dasar manusia atas 3 kelompok yaitu :
    • Kebutuhan fisik primer yang terdiri dari kebutuhan gizi, perumahan dan kesehatan.
    • Kebutuhan kultural yang terdiri dari pendidikan, waktu luang dan rekreasi serta ketenangan hidup.
    • Kelebihan pendapatan untuk mencapai kebutuhan lain yang lebih tinggi.
  2. Kemiskinan Relatif
    Konsep kemiskinan relatif bersifat dinamis sehingga kemiskinan akan selalu ada. Oleh karena itu, Kincaid (1975) melihat kemiskinan dari aspek ketimpangan sosial. Semakin besar ketimpangan antara tingkat penghidupan golongan atas dan golongan bawah, maka akan semakin besar pula jumlah penduduk yang dpaat dikategorikan selalu miskin.
 Cara Mengurangi Kemiskinan
  1. Pembangunan Pertanian
    Sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di Indonesia.
  2. Pembangunan Sumber Daya Manusia
    Dapat dengan perbaikan serta peningkatan akses terhadap konsumsi pelayanan sosial (pendidikan, kesehatan dan gizi).
  3. Peranan LSM
    Fleksibilitas dan pengetahuan mereka tentang komunitas yang mereka bina, membuat LSM dapat menjangkau golongan miskin lebih efektif. Keterlibatan LSM juga meringankan biaya finansial dan staff dalam pengimplementasian program padat karya untuk mengurangi kemiskinan.

Teknologi

Teknologi adalah pemanfaat ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesua denga nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada. Teknologi bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin di hadapi.

 Manfaat Teknologi

  1. Memudahkan Untuk Bisnis dan PerusahaanPemanfaatan IT untuk mendukung berbagai kebutuhan dan perkembangan organisasi, individu dan perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yang positif. Namun perlu diketahui bahwa IT dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat IT untuk hal yang positif tentu akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia. Berikut ada beberapa manfaat penting IT untuk bisnis dan pada sebuah perusahaan.
    • IT dapat memperluas pangsa pasar.
    • IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
    • IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
    • IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
    • IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
  2. Memudahkan Untuk Bidang PengetahuanDunia maya yang diakses melalui jaringan internet memiliki miliyaran informasi yang dapat kita gali setiap waktu. Dari mulai informasi umum yang telah banyak kita ketahui sampai informasi khusus yang dirasa baru kita ketahui. Hal ini membuat pengetahuan kita menjadi meningkat dan luas karena hampir sama dengan membaca berbagai macam buku.
  3. Memudahkan Untuk Bidang PendidikanKini banyak sekolah ataupun lembaga pendidikan yang sangat memanfaatkan dunia maya sebagai media pembelajaran. Dari mulai sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak hingga tingkat Perguruan Tinggi. Berbagai macam materi bisa disampaikan melalui dunia maya begitupun dalam hal mengumpulkan tugas ataupun pekerjaan rumah.
  4. Memudahkan Dalam BerkomunikasiAda berapa aplikasi komunikasi di gadget anda? Sangat banyak bukan? Dunia maya menumbuhkan berbagai macam aplikasi canggih yang membuat kita lebih mudah untuk berkomunikasi. Melalui dunia maya kita dapat berjumpa dengan keluarga, teman, kerabat kita. Tidak sedikit yang bertemu dengan teman lama dan kerabat jauh melalui dunia maya. Tentunya juga teman dan kerabat baru dari seluruh dunia.
  5. Dll

BAB III

Penutup

Kesimpulan

         Penduduk, Kemiskinan dan Teknologi sangat berkaitan, karena dengan Teknologi kita juga dapat mengatasi Kemiskinan dan mengatasi penumpukan Penduduk di suatu tempat, seperti dengan mencari lapangan pekerjaan menggunaakan internet atau memanfaatkan Teknologi menjadi sarana bisnis dan kemajuan Teknologi menjadi salah satu mempercepat pembangunan infrastruktur negara dan sarana transportasi agar orang lebih cepat berpindah - pindah dan biaya nya tidak terlalu mahal supaya masyarakat tidak hanya menumpuk di suatu tempat
       Dan juga dengan kemajuan Teknologi daerah - daerah terpencil bisa jauh lebih produktif sehingga Penduduk yang berada di daerah terpencil dapat menciptakan lapangan pekerjaan disana supaya tidak berbondong - bondong ber-Urbanisasi ke kota kota besar dan menimbulkan kepadatan Penduduk.

Saran
  • Pemanfaatan Teknologi
    dalam kehidupan sehari-hari harus memperhatikan banyak hal sehingga dapat betul-betul bermanfaat bagi kehidupan manusia tanpa menimbulkan dampak yang begitu berbahaya.
  • Penulisan makalah ini tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi menyempurnakan makalah ini sangatlah diharapkan.

KATA PENUTUP

Demikianlah makalah ini saya kerjakan dengan sebaik-baiknya. Apabila ada kata-kata yang kurang mengesankan saya minta maaf. Kritik dan saran saya sangat harapkan,sehingga saya dapat membuat makalah lebih baik lagi.

Terima kasih atas semoga pihak yang telah membantu. Semoga makalah saya dapat bermanfaat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.







Referensi

http://ismayadefi.blogspot.co.id/2011/11/makalah-isd-ilmu-pengetahuan-teknologi.html
https://wede56.blogspot.co.id/2012/10/pemanfaatan-ilmu-pengetahuan-dan.html
https://manfaat.co.id/manfaat-it
https://heleninfo.wordpress.com/2011/05/05/dualisme-kepemimpinan/ 
http://www.sekolahpendidikan.com/2017/04/perbedaan-pengertian-penduduk-dan-warga.html#

 

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

 
Hell Yeah Pointer 2